Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Uncategorized

Atasi masalah sampah, Program Fakultas Semarak Mengabdi adakan pelatihan Ecobrick di desa Rejoyoso

5
×

Atasi masalah sampah, Program Fakultas Semarak Mengabdi adakan pelatihan Ecobrick di desa Rejoyoso

Share this article
Example 468x60

NUSANTARAKITA.ID -Dalam upaya mengatasi permasalahan sampah plastik yang masih menjadi PR besar dalam menjaga kelestarian lingkungan, KKN-T Unira bersama program fakultas mengabdi LPPM UNIRA Malang mengadakan sosialisasi dan pelatihan ecobrick bagi warga Desa Rejoyoso.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris desa, ketua RW perwakilan dari seluruh dusun yang ada di desa Rejoyoso. Pemateri yang hadir pada kegiatan ini yaitu Ibu Tety Nur Cholifah – dosen Fakultas Ilmu Pendidikan dan ┬áM. Abdul Aziz- mahasiswa UNIRA. Kegiatan ini juga dihadiri oleh DPL KKNT UNIRA Kelompok 16 Ibu Yulia Eka Yanti serta seluruh mahasiswa KKNT.

Example 300x600

Ecobrick menjadi salah satu Solusi dalam mengatasi permasalan sampah di Desa Rejoyoso. Ecobrick adalah metode pengurangan sampah plastik kemasan atau plastik yang tidak dapat didaur ulang atau dijual kembali.

Metode ini dilakukan dengan cara memasukkan potongan-potongan sampah kemasan yang bersih dan kering ke dalam botol plastik bekas. Potongan sampah plastik harus dalam keadaan bersih dan kering untuk menghindari tumbuhnya jamur dan bakteri dalam botol.

Selanjutnya sampah dalam botol plastik dipadatkan dengan menggunakan kayu atau tongkat hingga isi botol padat dan kuat. Setelah beberapa botol terisi dengan potongan sampah plastik tersebut, botol dapat disusun menjadi berbagai kerajinan seperti kursi, meja, keranjang, dll.

Warga antusias dalam kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Rejoyoso pada Minggu sore ini. Sosialisasi dan pelatihan ini menarik minat dan membuka wawasan warga Rejoyoso mengenai metode baru dalam pengelolaan sampah plastik. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan warga desa dapat menciptakan perubahan dalam menangani masalah sampah serta menciptakan ide baru dalam menguatkan ekonomi masyarakat setempat melalui produk-produk yang dapat dibuat dari ecobrick.

Untuk jangka panjang tidak hanya sampah saja yang dapat diatasi oleh warga, tetapi juga dapat memunculkan kreativitas warga dalam mengubah sampah yang tidak bernilai menjadi produk yang bernilai ekonomi.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *