Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Implementasikan Prakarsa Khaira Ummah Pilar Social Enterprise, FEB dan LPPM UNIRA adakan Pelatihan Tata Kelola Bank Desa

2
×

Implementasikan Prakarsa Khaira Ummah Pilar Social Enterprise, FEB dan LPPM UNIRA adakan Pelatihan Tata Kelola Bank Desa

Share this article
Example 468x60

NUSANTARAKITA.ID – Kampus UNIRA Malang memiliki Prakarsa Khaira Ummah dengan salah satu pilar utamanya adalah Social Enterprise. Melalui konsepsi ini UNIRA berkeinginan kuat untuk membangun semangat kewirausahaan di Tengah Masyarakat.

Untuk itu, Fakultas Ekonomi dan Bisnis melalui program fakultas semarak mengabdi yang di rilis Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) di tengah penyelenggaraan KKN-T Universitas Islam Raden Rahmat (UNIRA) Malang menggelar sebuah pelatihan yang bertujuan untuk mendukung pembentukan Bank Desa di Desa Sumberdem. Pelatihan ini memberikan pemahaman yang holistik kepada masyarakat setempat tentang pentingnya lembaga keuangan mikro untuk pengembangan ekonomi lokal.

Example 300x600

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang konsep dan manfaat pendirian Bank Desa serta langkah-langkah praktis dalam membangun dan mengelola lembaga keuangan tersebut. Materi pelatihan mencakup aspek hukum, manajemen keuangan, pemasaran, dan tata kelola yang berkelanjutan. Pelatihan ini diikuti oleh para pemangku kepentingan lokal, termasuk tokoh masyarakat, perwakilan pemerintah desa, pengurus BUMDES, serta mahasiswa KKN UNIRA Malang.

Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 10 Februari 2024 di Desa Sumberdem, dimulai pukul 15.00 WIB hingga 17.30 WIB. Acara ini dilaksanakan di aula desa Sumberdem. Kepala desa Sumberdem, Purwati mengungkapkan “Pemerintah desa Sumberdem bersama Bumdes akan bertekad mendirikan Bank Desa yang memang sudah masuk dalam perencanaan kami dan kebetulan UNIRA Malang memfasilitasi dengan pelatihan ini. Kami mohon agar di dampingi sampai bank desa berdiri dan sampai tercapai kualitas kelembagaan yang baik dan ideal”.

Pendirian Bank Desa memiliki peran yang krusial dalam mengembangkan ekonomi lokal. Dengan adanya lembaga keuangan mikro di tingkat desa, masyarakat akan memiliki akses yang lebih mudah dan terjangkau terhadap layanan keuangan, seperti pinjaman usaha, tabungan, dan layanan keuangan lainnya.

Hal ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi di tingkat lokal, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memperkuat ketahanan ekonomi desa terhadap perubahan eksternal.

Pelatihan ini diselenggarakan melalui kombinasi metode ceramah, diskusi interaktif, dan simulasi untuk memberikan pemahaman yang mendalam dan aplikatif kepada peserta. Para peserta juga diajak untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi kelompok untuk merumuskan strategi implementasi Bank Desa di Desa Sumberdem. Adapun narasumber dalam pelatihan ini adalah Dr. Yusuf Azwar Anas, SE., M.M dan Yuliyanti M. Manan, SEI, MSI dari FEB UNIRA.

Melalui pelatihan ini, diharapkan masyarakat Desa Sumberdem dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk memulai dan mengelola Bank Desa secara mandiri. Sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berkomitmen pada pengabdian kepada masyarakat, LPPM Unira dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis terus berupaya untuk mendukung pembangunan ekonomi lokal melalui inisiatif-inisiatif seperti pelatihan ini.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *