9 Fakta Menarik Olimpiade Tokyo 2020 Yang Wajib Diketahui

  • Bagikan
9 Fakta Menarik Olimpiade Tokyo 2020 Yang Wajib Diketahui
Foto : Istimewa

Nusantarakita.id – Olimpiade tokyo 2020 sudah mamasuki hari-hari terkahir, sejak pertama kali dimulai pada 23 juli 2021 lalu pesta olahraga musim panas empat tahunan tersebut banyak menyajikan fakta-fakta menarik yang sayang jika dilewatkan

Berlangsung saat situasi dunia sedang tidak kondusif karena pandemi COVID-19 gelaran olimpiade tokyo banyak mengalami perubahan, pesta olahraga terbesar di dunia tersebut seharusnya dilaksanakan pada tahun 2020 namun karena pandemi yang meluas secara global jadwal tersebut berubah dan baru bisa terlaksana pada tahun 2021.

Inilah fakta-fakta olimpiade tokyo 2020 yang berhasil kami rangkum :

  1. Pemilihan Tuan Rumah

Berstatus sebagai ajang olahraga 4 tahunan paling bergengsi di dunia, tidak sembarang negara bisa menjadi tuan rumah dengan mudah ada berbagai proses dan tahap seleksi ketat yang harus dilewati sebelumnya. Saat penentuan tuan rumah olimpiade 2020, kota tokyo harus bersaing dengan 2 kota besar lainnya yakni Istanbul di turkey dan Madrid di spanyol setelah dilakukan pemungutan suara kota tokyo meraup suara terbanyak dan terpilih menjadi kota penyelenggara olimpiade 2020.

  1. Nama dan Tahun

Meski berlangsung pada tahun 2021 nama olimpiade tokyo memakai angka 2020 hal ini karena olimpiade rutin dilaksanakan setiap 4 tahun sekali, olimpiade terakhir berlangsung di brasil dengan nama Rio 2016 oleh karenanya olimpiade kali ini tetap memakai nama Olimpiade Tokyo 2020 agar nuansa 4 tahunan tersebut tetap terasa.

  1. Korea Utara tidak Berpartisipasi

Karena ketatnya peraturan korea utara terkait pencegahan COVID-19 pemerintah Korut memilih untuk tidak mengirimkan atletnya saat gelaran olimpiade 2020, ketidak ikut sertaan Korea Utara adalah yang pertama kali sejak beberapa dekade terakhir. Diketahui korea utara juga pernah tidak ikut serta kala olimpiade 1988 berlangsung di Korea Selatan.

  1. Negara ROC

Mungkin sebagian dari pembaca mengira bahwa ROC adalah sebuah negara baru, kenyataannya tidak ROC adalah kependekan dari kata Russian Olimpyc Commite nama ini dipakai oleh atlet-atlet asal Rusia yang bertanding di Olimpiade 2020. Penamaan ROC diberikan karena negara Rusia terkena sanksi, komite anti doping olimpiade menemukan kecurangan yang dilakukan oleh negara rusia pada tahun 2019.

  1. Perubahan Nama Negara

Negara tersebut adalah mekedonia, negara makedonia merubah namanya menjadi Makedonia Utara hal ini dilakukan karena nama makedonia menjadi sengketa dengan yunani. Negara makedonia memilih mengalah dan mengganti nama negaranya dari mekedonia mejadi makedonia utara, ini juga berdampak pada nama negara tersebut di pentas olimpiade.

  1. Jumlah Negara dan Atlit Partisipan Menurun

Pada olimpiade Rio 2016 negara yang ikut berpartisipasi berjumlah 207 dan atlit yang bertanding berjumlah 11.238, namun pada olimpiade Tokyo jumlah negara yang andil menjadi 205 dan jumlah atlit menjadi 11.090.

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *