Tentang Nusantara Kita

Kita selalu terpesona mendengar cerita perjalanan orang lain, saat mereka menjelajahi tempat-tempat baru, menikmati indahnya alam dan bertemu dengan masyarakat lokal serta mengenal budaya yang tak pernah kita temui sebelumnya. Begitulah Nusantara Kita memaknai sebuah perjalanan wisata. Perjalanan yang bukan hanya sekedar membawa pulang foto pemandangan, atau keseruan nongkrong di klub-klub dalam gemerlap kota besar, kamar-kamar mewah dan hal-hal semacam itu.

Traveling itu termasuk juga soal pertemuan dengan orang lain, berkenalan dengan kesederhanaannya. Merasakan kesehariannya, bermalam di rumah-rumah bamboo atau kayu, atau bahkan di alam terbuka di dalam hutan. Tentu saja juga soal tantangan mencicipi kuliner lokal.

Siapa saja yang sudah berkeliling Indonesia pasti akan mengamini Nusantara ini menyimpan banyak keajaiban. Dari timur ke barat, Sumatera hingga Papua, kita akan menemui beragam masyarakat dengan budaya yang kaya. Masyarakat yang masih menjaga dan melaksanakan pengetahuan serta tradisi lokal warisan leluhurnya.

Nusantara Kita, berupaya menghadirkan kekayaan tersebut dalam perjalananmu, dengan harapan ada rasa dan pengalaman baru yang didapat yang tidak bisa ditemukan di tempat asalmu. Coba buka peta dan tunjuk saja satu titik untuk memulainya. Kunjungi komunitas masyarakat adat nusantara, kenali dan cintai Indonesia.

Misi Kita
Nusantara Kita memfokuskan produk wisatanya pada jenis Wisata Masyarakat Adat, atau dalam bahasa kerennya Indigenous Tourism. Ini adalah sesuatu yang terbilang baru di Indonesia dan akan terus berkembang. Kami bekerja sama erat dengan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) untuk mendorong munculnya destinasi-destinasi wisata baru berbasis masyarakat adat. Masyarakatlah yang harus mengelola sendiri pariwisata di tempatnya, seiring dengan pelestarian kearifan lokal, budaya dan alamnya.

Nusantara Kita mengikuti prinsip dasar pengembangan Pariwisata Masyarakat Adat dengan mengacu pada Deklarasi Larrakia 2012, yaitu :
• Penghormatan penuh pada hukum adat, tanah dan air, pengetahuan lokal, ekspresi dan warisan budaya dalam segala aktivitas pariwisata
• Mendukung penuh kebudayaan lokal, akan menjaganya dan mempromosikannya melalui praktek pariwisata yang bertanggung jawab dan berkelanjutan
• Mendorong masyarakat adat untuk menentukan sendiri pengelolaan pariwisata
• Membangun kerjasama yang setara dengan masyarakat adat dalam hal pembagian manfaat ekonomi, pelestarian budaya dan pengembangan sumber daya manusia

Akhir kata, ada ribuan komunitas masyarakat adat di Indonesia. Mari kunjungi, nikmati, kenali, dan rasakan pengalaman baru yang tidak akan terlupakan.