Bahaya Hama Rayap Pada Perkebunan Karet Dan Rumah.

  • Bagikan
Bahaya Hama Rayap Pada Perkebunan Karet Dan Rumah

 

Bahaya Hama Rayap Pada Perkebunan Karet Dan Rumah

Bahaya Hama Rayap Pada Perkebunan Karet Dan Rumah, Memiliki rumah klasik dengan ornamen yang terbuat dari ukiran kayu tentu menjadi hal menarik dan memiliki keunikan tersendiri bagi sebagian orang, sebagian orang bahkan rela merogoh kocek lebih dalam demi memiliki ornamen atau miniatur klasik yang terbuat dari kayu.

 

Namun dibalik keindahan dan keunikannya, ornamen atau miniatur yang terbuat dari kayu memilik tingkat resiko kerusakan yang lebih tinggi daripada yang terbuat dari kaca maupun plastik. Jika ornamen atau miniatur yang terbuat dari kaca memiliki resiko pecah atau retak, sementara yang terbuat dari plastik memiliki resiko patah dan lekang, maka yang terbuat dari kayu memiliki resiko tambahan yakni serangan hama rayap.

Bahaya Hama rayap tersebut biasanya akan menyerang benda-benda yang terbuat dari kayu dengan perhatian dan perawatan yang kurang maksimal. Benda-benda ataupun rumah yang diserang rayap akan mengalami kerusakan secara fisik yang pada akhirnya akan mengurangi daya tahan serta nilai ekonomis yang ada pada benda tersebut.  Dalam hal ini si pemilik hendaknya selalu memberikan perawatan dan perhatian lebih terhadap benda-benda yang terbuat dari bahan dasar kayu. Ciri-ciri sederhana dari sebuah benda yang mulai diserang adalah adanya tanah yang menempel pada benda tersebut, jika tidak segera dibersihkan dan dibuang benda tersebut akan mengalami kerusakan secara permanen.

Selain bisa menyerang rumah, ornamen, miniatur,  atau atau benda-benda lain yang terbuat dari kayu, hama rayap juga menjadi hama yang menghawatirkan bagi sektor perkebunan. Salah satunya adalah sektor perkebunan karet, hama ini biasanya akan menyerang ketika musim sedang berada dipuncak kemarau atau pada akhir musim penghujan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, hendaknya petani melakukan perawatan sedini mungkin misalnya dengan mencangkul atau membajak tanah yang hendak ditanami. Alternatif lainnya adalah memberikan pestisida alami terhadap tanah, pestisida alami dan mudah didapat bisa dibuat dari daun pepaya yang direbus, kemudian disaring dan disemprotkan terhadap tanah yang sudah maulai diserang oleh hama rayap tersebut.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *