Begini Syarat dan cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang Ke 18

  • Bagikan
Begini Syarat dan cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang Ke 18

Nusantarakita.id – Pendaftaran Kartu Prakerja telah memasuki Gelombang ke 18 , kabarnya pemerintah juga telah menambah anggaran peyelenggaraanya sebesar 10 triliun untuk mengakomodir 2,8 juta peserta yang akan mendaftar

Jika dikalkulasikan total anggaran  sejak pertama kali diselenggarakan sudah mencapai 30 triliun rupiah. Selain untuk mempersiapkan keterampilan pendaftar sebelum terjun di dunia kerja, pada masa pandemi covid-19 insentif  juga menjadi jaringan pengaman sosial bagi masyarakat yang terdampak pandemi.

Sebelum mendaftar  alangkah lebih baik jika kita mengetahui terlebih dahulu beberapa syarat dan cara daftar kartu prakerja gelombang 18, hal ini penting untuk diketahui agar ketika telah dibuka anda bisa langsung mendaftar.

Berikut akan kami uraikan tata cara serta syarat pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 18, simak penjelasannya:

Syarat daftar kartu prakerja

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) dengan minimal usia 18 tahun serta tidak sedang menempuh pendidikan formal, dibuktikan dengan KTP
  2. Adalah seorang pencari kerja, wirausaha, atau korban PHK perusahaan
  3. Bukan anggota TNI/Polri, ASN, DPR/DPRD, BUMN/BUMD, serta bukan pejabat BUMN/BUMD
  4. Tidak sedang menerima bantuan dari pemerintah baik itu berupa BLT, BPUM, atau bantuan-bantuan lainnya yang berasal dari pemerintah
  5. Setiap kartu keluarga maksimal hanya dua Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang berhak menerima Kartu Prakerja

Cara daftar kartu Prakerja

  1. Buka situs resmi prakerja di www.prakerja.go.id bisa diakses melalui android maupun PC
  2. Masukkan data-data yang diminta saat proses pendaftaran, termasuk Nomor Kartu Keluarga dan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Akan ada sedikit tes kemampuan dasar secara online, siapkan alat tulis ya
  4. Kemudian tekan Tulisan “Gabung” pada gelombang yang sedang dibuka
  5. Jika lolos anda akan mendapat SMS pada nomor telepon yang sudah dimasukkan saat proses pendaftaran

Perlu diketahui bagi peserta yang lolos seleksi pendaftaran akan mendapatkan insentif dengan jumlah total 3,55 juta, perinciannya 1 juta untuk biaya pelatihan, 2,4 juta untuk insentif bulanan (diberikan secara berkala), dan 150 ribu untuk kompensasi survey masing-masing peserta harus mengisi 3 kali survey dengan kompensasi sebesar 50 ribu setiap kali survey.

Lalu kapan pendaftaran gelombang 18 akan dibuka? Belum ada informasi yang pasti terkait tanggal pendaftaran gelombang 18 akan dibuka, namun pemerintah berencana melaksanakan pada semester II-2021 yakni berkisar antara bulan Juli-Agustus tahun 2021. Ketidak pastian ini sedikit banyak dipengaruhi masih berlakunya PPKM pada hampir seluruh wiliayah di Indonesia.

Mentri Keungan (MENKEU) Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa pemerintah telah menyiapkan anggaran setidaknya 10 triliun rupiah untuk mengakomodir 2,8 juta pendaftar baru yang akan mendaftar dan mengikuti pelatihan yang rencananya akan dilaksanakan pada juli-agustus 2021.

Dikutip dari laman youtube Sekretariat Presiden saat memberikan keterangan pers mentri keuangan sri mulyani berkata “program pendaftaran kartu prakerja untuk 2,8 juta peserta juga bisa dieksekusi pada juli-agustus” ujarnya.

Pihak Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja juga telah berkordinasi dengan Dinas Cipta Kerja guna membahas tindak lanjut rencana pemerintah terkait akan dilaksanakannya pendaftaran dan pelatihan kartu prakerja gelombang 18. Demikian pembahasan tentang syarat dan cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 18, semoga sukses.

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *