Scroll untuk baca artikel
Berita

Gempa Bumi 4.1 Magnitudo Kembali Mengguncang Tuban

45
×

Gempa Bumi 4.1 Magnitudo Kembali Mengguncang Tuban

Sebarkan artikel ini
Gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,7 mengguncang wilayah Tuban, Jawa Timur, Selasa (26/3)

NUSANTARAKITA.ID – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4.1 mengguncang wilayah Tuban, Jawa Timur, Selasa (26/3/2023) pukul 21.54 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M4,1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5.61° LS; 112.55° BT tepatnya di laut pada jarak 154 km arah Timur Laut Tuban, JATIM dengan kedalaman 10 Km.

Gempa bumi ini merupakan bagian rangkaian gempa bumi Laut Jawa M6,0 yang terjadi pada hari Jumat tanggal 22 Maret 2024 pukul 11:22:45 WIB. Hingga hari ini, pukul 22.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 307 (tiga ratus tujuh) aktivitas gempabumi.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di Laut Jawa.

Baca Juga :   Pemdes Balesari Apresiasi Kegiatan KKN-T UNIRA Malang

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

BMKG juga meminta masyarakat menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Baca Juga :   Rencana Rilis PlayStation 6 Berpotensi Terungkap, Berkat Microsoft

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari Nusantarakita.id. Mari bergabung di Saluran Whatsapp “Nusantarakita,id“, dengan cara klik  kemudian ikuti.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *