Scroll untuk baca artikel
Berita

KSM-E HMP PGMI UNISMA Menjelajahi Kreativitas Anak Melalui Edukasi Mewarnai dengan Teknik Asam Basa

61
×

KSM-E HMP PGMI UNISMA Menjelajahi Kreativitas Anak Melalui Edukasi Mewarnai dengan Teknik Asam Basa

Sebarkan artikel ini
KSM-E HMP PGMI UNISMA Menjelajahi Kreativitas Anak Melalui Edukasi Mewarnai dengan Teknik Asam Basa

NUSANTARAKITA.ID – KSM-E HMP PGMI Universitas Islam Malang (UNISMA) mengadakan kegiatan pemberdayaan yang berlokasi di TPQ Al-Jihad desa Brongkal kec. Pagelaran kab. Malang. Kegiatan ini berlangsung  pada tanggal 8 Maret 2024 di mulai pukul 13.00-15.30 WIB,

Mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan pemberdayaan : Adik Indarti Sofiana, Rima Rahmasari, Khoirotul Aulia , Fitri Sri Rahayu, Rahmi Lestari, dan Oriz Sativano.

Dalam kegiatan pemberdayaan ini Mahasiswa/i KSM-E HMP PGMI UNISMA mengawali dengan Perkenalan dari masing-masing  mahasiswa/i sebagai bentuk pendekatan kepada anak-anak di TPQ Al-Jihad desa Brongkal yang berjumlah 9 anak, kegiatan Selanjutnya selesai memperkenalkan diri yaitu dengan berdo’a bersama, dilanjutkan dengan belajar bersama secara aktif dengan anak anak TPQ Al Jihad.

Baca Juga :   Worshop kopi di tanah kopi juara

Prosedur belajar bersama ini yaitu dengan anak-anak membawa salah satu buku mata pelajaran yang dianggap sulit atau belum dipahami isi materi dari mata pelajaran tersebut.

Pada kegiatan kedua setelah belajar bersama secara aktif, kami mahasiswa KSM-E HMP PGMI UNISMA mengajak anak-anak mewarnai batik menggunakan teknik yang menarik yaitu teknik asam basa. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan kepada anak-anak aneka ragam batik yang di miliki Indonesia serta pengenalan teknik mewarna dengan asam basa.

Baca Juga :   Gus Alauddin, Tokoh Santri Muda Masuk Bursa Wakil Bupati Kabupaten Malang

Karena pada dasarnya anak-anak hanya tahu mewarnai menggunakan crayon, cat air dan sejenisnya tapi kami kenalkan bahwa mewarnai tidak hanya dengan bahan seperti diatas, tetapi juga bisa dengan asam basa dimana menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemui di rumah yaitu, kunyit bubuk, deterjen, cottonbut, kapas dan air.

Tentunya bahan-bahan tersebut sangat ramah lingkungan. Pada kegiatan Tersebut kami telah menyediakan bahan-bahan yang di gunakan dalam teknik asam basa.

Dengan kegiatan yang di gagas oleh Mahasiswa/i KSM-E HMP PGMI UNISMA, Anak-anak sangat senang dan antusias dalam kegiatan pemberdayaan ini, harapan kami dengan adanya kegiatan pemberdayaan ini bisa membantu anak-anak TPQ Al-Jihad di desa Brongkal tersebut untuk terus semangat belajar, berkreasi, dan kreatif.

Baca Juga :   Pantai Selatan Malang Dihantam Banjir Rob

Kami mahasiswa KSM-E HMP PGMI UNISMA juga merasa senang bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman bersama anak-anak di TPQ Al-Jihad desa Brongkal, semoga kegiatan pemberdayaan ini bisa bermanfaat untuk anak-anak desa Brongkal khsusnya dan sekitarnya.

 

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari Nusantarakita.id. Mari bergabung di Saluran Whatsapp “Nusantarakita,id“, dengan cara klik  kemudian ikuti.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *