Scroll untuk baca artikel
Berita

Wujudkan Akselerasi SDG’s Desa, LPPM UNIRA Malang Gelar KOPDIMAS

222
×

Wujudkan Akselerasi SDG’s Desa, LPPM UNIRA Malang Gelar KOPDIMAS

Sebarkan artikel ini
unira
unira

NUSANTARAKITA.ID – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Raden Rahmat (UNIRA Malang) mengadakan Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPDIMAS). Kegiatan dilaksanakan secara hybrid melalui zoom meeting dan dapat dihadiri secara offline bertempat di Hall Moh. Said Lantai 2 UNIRA Malang pada Kamis, (7/3/2024).

Hadir dalam Acara ini antara lain Imron Rosyadi Hamid, SE., M.Si (Rektor UNIRA Malang), Dr. Muhammad Hanief, M. Pdi (Ketua Yayasan UNIRA Malang), Segenap tamu undangan dari perwakilan pendamping desa mitra UNIRA Malang serta Jajaran Dosen dan Dekan, selain itu juga mahasiswa KKN Tematik 2024 dari Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), dan Fakultas Sains dan Teknologi (SAINTEK) dengan mengangkat tema “Strategi Perguruan Tinggi dalam Akselerasi SDG’s Desa”.

Hal ini bertujuan sebagai aktualisasi kontribusi UNIRA Malang dalam membangun percepatan pembangunan berkelanjutan dimulai dari upaya perwujudan desa dengan ekonomi yang tumbuh merata, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa berjejaring dan desa pelestari budaya.

Baca juga : Pemdes Balesari Apresiasi Kegiatan KKN-T UNIRA Malang

Dalam laporannya, Muhammad Imron, M. AP selaku Direktur LPPM UNIRA Malang menjelaskan acara yang dilaksanakan LPPM ini mendukung 18 Indikator SDG’s Desa.

Acara ini merupakan Upaya Terpadu untuk Pembangunan Ekonomi, Sosial, Lingkungan, Hukum dan Tata Kelola Masyarakat di Tingkat Desa. Serta menyampaikan jumlah keseluruhan peserta KKN Tematik 2024 dengan jumlah 267 Mahasiswa yang tersebar pada 17 desa dalam negeri dan 2 luar negeri’K

“Kegiatan yang kami gelar ini merupakan salah satu tindak lanjut dari kegiatan pasca KKN Tematik 2024 dengan mendukung 17 Indikator SDG”s Desa, mahasiswa KKN kali ini denga jumlah 267 mahasiswa dari Fakultas FEB, FIB, dan SAINTEK masing-masing tersebar di 17 desa dalam negeri (Se Kabupaten Malang) dan 2 luar negeri (Taiwan).” Paparnya.

Baca Juga :   Atap Sekolah Menengah Atas (SMA) Taruna Roboh Terempas Angin Kencang

Dalam kesempatan tersebut, Imron Rosyadi Hamid, SE, M. Si selaku Rektor Universitas Raden Rahmat Malang memberikan sambutan dengan harapan UNIRA Malang mampu berkembang ke depan serta lebih efektif dalam pengembangan desa-desa. UNIRA juga ingin menerapkan strategi membantu proyek teaching and learning.

“Dengan prakarsa khoiro ummah, 3 pilar Peace Education, Social Entreprise, dan Green Technology menjadi bagian kehidupan Civitas Akademika UNIRA hal inilah yang pedoman utama dalam setiap pelaksanaan kegiatan masyarakat Unira. Maka dari itu saya berharap kontribusi unira dalam membantu pengembangan desa-desa dapat lebih efektif lagi.” pungkasnya.

Baca Juga :   KKN-T 11 UNIRA MENGUAK POTENSI SUMBER DAYA PANGAN DESA JAMBUWER

Tak hanya itu, acara Seminar KOPDINAS ini mengundang beberapa Panelis salah satu diantaranya Dr. Ir H. M. Nurdin M.T, Staff Ahli Mentri Bidang Pengembangan Wilayah, dalam materinya menyampaikan peran strategis perguruan tinggi dalam akselerasi pencapaian SDGs Desa salah satunya denga model Kolaborasi Quintuplehelix dimana perguruan tinggi berperan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan menyiapkan SDM yang berkualitas dengan pendidikan dan penelitian yang bermanfaat dalam aksi pengembangan inovasi-inovasi baru serta membantu menyediakan data akurat guna mengasekselerasi pencapaian SDGs Desa

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari Nusantarakita.id. Mari bergabung di Saluran Whatsapp “Nusantarakita,id“, caranya klik  kemudian ikuti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *