Cerita Perjalanan

13

Feb
2017
Cerita Petualangan di Labuhan Bajo – Pulau Komodo
Posted by: Alfa Gumilang /1830
Salah satu liburan yang tak terlupakan bagi saya adalah ketika menjelajahi Labuhan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Selama enam hari di sana, tak ada waktu yang terbuang sia-sia. Setiap persinggahan mengelilingi Labuhan Bajo dan sekitarnya, selalu memberikan sensasi tersendiri. Memang sepulang dari sana, tubuh saya bentol-bentol gatal di tangan dan kaki usai snorkeling di Kanawa Beach. […]

27

Jan
2017
Perjumpaan Pertama Dengan Orang Rimba
Posted by: Ali Syamsul /1400
Aktivitas Orang RImba adalah berburu, meramu, dan mengumpulkan hasil hutan. Mereka meletakkan begitu saja hasil pekerjaan mereka itu di pinggir jalan. Tidak akan ada yang hilang atau rusak. Ini menegaskan bagaimana mereka memegang teguh nilai-nilai adat dan menerapkannya untuk menjaga interaksi sosial. Aturan adat yang menjunjung tinggi nilai kejujuran dan kepercayaan yang telah menjadi panduan kehidupan mereka sehari-hari.

23

Jan
2017
Hangatnya Kelimutu di Desa Weturaka
Posted by: adm-adat /1780
Buat kamu yang ingin ke Kelimutu sebaiknya jangan berhenti sampai di danau itu saja. Tak jauh dari sana, hanya sekitar satu jam, singgahlah di Desa Weturaka. Ini adalah desa ekowisata baru yang akan memberikan pengalaman berbeda untuk perjalananmu.

03

Jan
2017
Wujud syukur masyarakat adat Wologai dalam ritual Po’o
Posted by: adm-adat /2250
Masyarakat adat Wologai di Flores mengenal ritual Po’o yang menjadi tradisi tahunan masyarakat saat akan memulai kegiatan pertanian. Po’o dalam bahasa keseharian daerah Ende Lio, Nusa Tenggara Timur, dapat diartikan sebagai celengan untuk menabung yang terbuat dari ruas bambu. Po’o adalah media untuk memperingati tradisi kehidupan para leluhur, menyantap makanan dengan perabot makanannya yang terbuat dari ruas bambu.

02

Dec
2016
Hikayat Pohon Kemenyan, Cerita Rakyat Dari Tanah Batak
Posted by: Jeffar Lumban Gaol /27530
Dahulu kala ada seorang gadis cantik jelita berambut panjang terurai, namun hidup miskin bersama orang tuanya di pinggiran hutan yang jauh dari onnan (pasar). Pada mulanya hidup mereka tenang dan tentram, sampai datangnya seorang saudagar menagih hutang pada keluarga petani miskin tersebut. Petani itu berjanji akan segera melunasi hutangnya pada hari onnan pekan depan. Saudagar […]