Berita  

Empat Amalan dibulan Rajab

Empat Amalan dibulan Rajab

NUSANTARAKITA.ID – Empat Amalan dibulan Rajab, Dalam satu tahun Allah telah menentukan beberapa bulan yang mulia. Ada lima bulan yang tergolong bulan yang mulia, yakni bulan Ramadhan, Dzulkaidah,Dzulhijah,Muharam, dan Rojab.

Pada bulan Rojab, ada berbagai amalan yang memiliki pahala besar, diantaranya disamping kita disunahkan berpuasa, kita juga dianjurkan memperbanyak membaca sholawat, bersedekah,berzikir, dan sholat malam.

 Puasa dibulan Rojab

Ada beberapa hadis nabi yang menganjurkan atau memerintahkan berpuasa di bulan-bulan haram (Dzulkaidah,Dzulhijah,Muharam, dan Rojab). Diriwayatkan dari Mujibah  al-Bahiliyah , Rasulullah bersabda “Puasalah dibulan-bulan haram”.(Riwayat Abu Daud,Ibnu Majah, dan Ahmad). Hadis lain riwayat Al-Nasa’I dan Abu Daud (disahihkan oleh Ibnu Huzaimah) : “Usamah berkata pada Nabi Muhammad SAW. “Wahai Rasulullah, saya tak melihat Rosul melakukan puasa (sunnah) sebanyak yang rasul lakukan dibulan Sya’ban. Rasul menjawab: Bulan Sya’ban adalah bulan antara Rajab dan Ramadhan yang dilupakan oleh kebanyakan orang’.

Menurut as-Syaukani dalam  bukunya Nailul Authar, dalam bahasan puasa sunnah, ungkapan Nabi, “Bulan Sya’ban adalah bulan antara Rajab dan Ramadan yang dilupakan kebanyakan orang” itu secara implisit menunjukkan bahwa bulan Rajab juga disunnahkan melakukan puasa di dalamnya.

Keutamaan berpuasa pada bulan haram juga diriwayatkan dalam hadis sahih imam Muslim. Bahkan  berpuasa di dalam bulan-bulan mulia ini disebut Rasulullah sebagai puasa yang paling utama setelah puasa Ramadan. Nabi bersabda : “Seutama-utama puasa setelah Ramadan adalah puasa di bulan-bulan al-muharram (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan  Rajab).

Adapun pahala berpuasa di bulan Rajab telah disebutkan oleh salah satu hadis nabi  yang diriwayatkan oleh  al-Thabarani dari Sa’id bin Rasyid: “Barangsiapa berpuasa sehari di bulan Rajab, maka ia laksana  berpuasa setahun, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu-pintu neraka jahanam, bila puasa 8 hari dibukakan untuknya 8 pintu surga, bila puasa 10 hari, Allah akan mengabulkan semua permintaannya…..”

Memperbanyak membaca Shalawat

Membaca shalawat kepada Nabi dianjurkan dibaca kapan saja, akan tetapi lebih berlipat pahalanya apabila dibaca dibulan yang mulia yakni bulan rajab. Banyak sekali dalil Al-Qur’an Maupun Hadis yang membahas betapa pentingnya membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Allah berfirman dalam Al-Qur’an “Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikatnya bershalawat kepada Nabi, Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya dengan sungguh sungguh(Q.S. Al-Ahzab Ayat 56 ). Salah satu hadis nabi yang membahas tentang fadilah membaca shalawat yang diriwayatkan oleh Amr bin Ash : Sesungguhnya Amr bin Ash mendengar Rasulullah bersabda “Barang siapa yang membaca shalawat sekali saja, Allah SWT akan memberi rahmat padanya sebanyak sepuluh kali”

Membaca Zikir

Amalan saat puasa Rajab yang dianjurkan untuk diperbanyak adalah membaca dzikir dan istighfar kepada Allah SWT. Allah SWT senantiasa akan mempermudah setiap urusan hambanya dan mengangkat segala kesulitan yang dialami serta menghapus dosa-dosa di masa lalu.

Sholat Sunah

Memasuki bulan Rajab, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak sholat sunnah seperti sholat sunnah rajab. Sholat sunnah rajab memiliki 10 rakaat dengan salam setiap dua rakaat. Berikut niat sholat sunnah rajab yang dapat dikerjakan.

“Ushollii sunnata rojaba rok’ataini lillaahi ta’ala.”

Artinya: “Aku niat shalat sunnah rajab dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Demikian empat amalan dibulan Rajab semoga bermanfaat.

Penulis: ImronEditor: Shofyan Assauri

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.