Gali Potensi Dusun Maduarjo, Mahasiswa KKN-T Unira Malang Kunjungi Rumah Produksi Kopi Hanumbara

Gali Potensi Dusun Maduarjo, Mahasiswa KKN-T Unira Malang Kunjungi Rumah Produksi Kopi Hanumbara
Gali Potensi Dusun Maduarjo, Mahasiswa KKN-T Unira Malang Kunjungi Rumah Produksi Kopi Hanumbara

NUSANTARAKITA.ID – Dusun Maduarjo merupakan salah satu dusun yang terletak di lereng Gunung Kawi. Berada diketinggian antara 1000 – 1500 meter diatas permukaan laut (Mdpl), masyarakat setempat memanfaatkan kondisi tersebut untuk berkebun, salah satunya adalah kopi.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai kopi di Dusun Maduarjo, Mahasiswa KKN – T Universitas Islam Raden Rahmat Malang mengunjungi Rumah Produksi Kopi Hanumbara pada Sabtu (16/07/22).

Berawal dari iseng, P.Budi (43) Owner Kopi Hanumbara mulai merintis bisnisnya pada tahun 2021. Jenis kopi yang diproduksi adalah Kopi Arabika, Robusta dan Mix Arabika – Robusta. Untuk kemasannya, Kopi Hanumbara menyediakan beberapa ukuran kemasan, ada yang 200 gram, 500 gram, dan 1000 gram.

Baca Juga : Mengenang Jasa Leluhur, Warga Dusun Maduarjo Menggelar Tradisi Bersih Dusun

Di usia bisnis yang tergolong masih baru, produk kopi P.Budi mendapatkan sambutan baik dari konsumen, bahkan kopi yang diproduksinya bisa tembus sampai Pulau Kalimantan. Seperti yang dijelaskan oleh beliau.

“Alhamdulillah mas, usaha kopi hanumbara ini banyak sekali pesanan dari luar kota, bahkan ada yang dari Pulau Kalimantan,” ucapnya.

Selain itu, harga kopi yang dijual pun terbilang cukup terjangkau, mulai dari Rp.18.000 untuk kopi bubuk jenis Robusta, hingga Rp.38.000 untuk kopi bubuk jenis Arabika Per – 200 gramnya.

Baca Juga : Prosesi Serah Terima Selesai, Kelompok 4 KKN-T Unira Malang Resmi Mengabdi Di Dusun Maduarjo

Ketua Kelompok 4 KKN – T Unira Malang, Khozinul Asror mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan salah satu agenda untuk mengetahui lebih dalam mengenai potensi dari Dusun Maduarjo.

“Jadi tujuan kami mengunjungi rumah produksi kopi hanumbara ini adalah untuk mengenal lebih jauh apa saja sih potensi yang ada di dusun maduarjo ini mas, karena yang saya tahu dusun sini kan dekat dengan pabrik susu greenfield, ternyata di sini juga ada rumah produksi kopi juga”. Ungkapnya.

Kedepannya, P.Budi berharap semoga usaha yang ditekuninya ini bisa lebih sukses dan bisa dikenal oleh masyarakat luas bahkan sampai ke mancanegara.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.