Gali Potensi yang Ada, Mahasiswa KKN-T Unira Kunjungi UMKM Desa Balesari

Gali Potensi yang Ada, Mahasiswa KKN-T Unira Kunjungi UMKM Desa Balesari
Gali Potensi yang Ada, Mahasiswa KKN-T Unira Kunjungi UMKM Desa Balesari/ Gambar : Istimewa

NUSANTARAKITA.ID – Mahasiswa KKN-T Unira Kelompok 3 melakukan kunjungan ke beberapa UMKM yang berada di Dusun Balesari. Kunjungan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menggali informasi potensi yang ada di Desa Balesari.

Selain itu, kunjungan ini merupakan langkah yang dilakukan demi kelancaran program kerja yang akan dilakukan. Kunjungan pertama dilakukan di UMKM Kopi Buk Sun.

Dalam kunjungan tersebut Bu Sunti selaku pemilik usaha memaparkan kondisi usahanya. “ Usaha kopi ini awalnya merupakan usaha bersama (kelompok tani wanita). Namun, karena kurangnya dana serta kurang efektifnya dalam pemasaran maka, usaha ini menjadi milik perseorangan dan sampai sekarang, permasalhan yang dihadapi masih sama (pemasaran)” ujar Bu Sunti.

Bu Sunti Pemilik Produksi Kopi
Gambar : Bu Sunti Pemilik Produksi Kopi

Baca Juga : Berlangsung Khidmat, Serah Terima Mahasiswa KKN-T UNIRA Kelompok 2 di desa Balesari

Selanjutnya, mahasiswa KKN-T UNIRA kelompok 3 melakukan kunjungan pada usaha UMKM keripik milik Bu Suti. Kunjungan ini dilakukan berdasarkan informasi yang didapat  dari masyarakat sekitar bahwa ada unit usaha yang memproduksi aneka keripik. Bu Suti menjelaskan bahwa usaha ini sudah memiliki konsumen dari berbagai daerah. “Meskipun pengemasan keripik dalam usaha ini terbilang sederhana, tetapi peminat keripik ini sangatlah tinggi terbukti dari banyaknya pesanan dari toko-toko” Jelasnya.

Gambar. Mahasiswa KKN-T Kelompok 3 bersama Bu Suti
Gambar: Mahasiswa KKN-T Kelompok 3 bersama Bu Suti

Dalam kunjungan tersebut, KKN-T Kelompok 3 tidak hanya mendapat informasi terkait potensi yang ada, namun kami mendapat banyak pengalaman mengenai dua UMKM tersebut yaitu mulai proses produksi, pengemasan, hingga pemasaran produk.

Gambar. Mahasiswa KKN-T Kelompok 3 Membantu dalam Proses Pengemasan Kopi
Gambar. Mahasiswa KKN-T Kelompok 3 Membantu dalam Proses Pengemasan Kopi

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.