Greysia/Apriyani Raih Medali Emas Pada Olimpiade Tokyo 2020

  • Bagikan
GreysiaApriyani Raih Medali Emas Pada Olimpiade Tokyo 2020
Foto : Greysia/Apriyani saat memperoleh medali emas

Greysia Polli/Apriyani Rahayu sukses raih medali emas di olimpiade tokyo setelah mengalahkan pebulutangkis asal china Chen Qinchen/Jia Yifan pada senin, (02/08/2021)

Perolehan medali emas ini sekaligus menjadi sejarah baru bagi badminton indonesia, greysia/apriyani menjadi pasangan badminton ganda putri pertama yang mempersembahkan medali emas untuk tanah air.

Setelah beberapa pebulutangkis tanah air lainnya tumbang Medali emas ini menjadi perolehan pertama dan satu-satunya bagi kontingen indonesia dalam gelaran olimpiade tokyo 2020. Pasangan greysia/apriyani berhasil menang dua set langsung, 21-19 dan 21-15.

Pada set pertama terjadi kejar-kejaran poin antara pasangan Greysia/Apriyani dengan Chen Qinchen/Jia Yifan, beruntung pasangan Greysia/apriyani mampu menutup set pertama dengan skor 21-19 untuk keunggulan mereka.

Pada set kedua, pasangan greysia/apriyani berhasil unggul dengan jarak 9 poin, meskipun pada pertengahan laga pasangan Qinchen/Jia Yifan terus mengejar ketertinggalan dan pada akhir laga pasangan greysia/apriyani berhasil menjaga keunggulan dengan skor 21-15. Skor tersebut kemudian mengukuhkan pasangan greysia/apriyani sebagai peraih emas olimpiade tokyo 2020 di sektor ganda putri.

Kemenangan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat indonesia dan menjadi kado terindah menjelang hari kemerdekaan indonesia. Setelah sekian lama akhirnya ganda putri indonesia mampu mengukir sejarah dikancah bulu tangkis dunia, emas olimpiade merupakan gelar prestisius yang menjadi impian hampir seluruh atlit bulu tangkis di dunia.

Bulutangkis merupakan cabang andalan indonesia dipentas olimpiade, sejak pertama kali dipertandingkan pada olimpiade Barcelona tahun 1992 indonesia selalu mampu mendapatkan medali emas, Indonesia hanya gagal mendulang emas dari cabor ini saat olimpiade 2012 yang berlangsung di London.

Deretan pebulutangkis tanah air peraih emas olimpiade antara lain :

Barcelona 1992                  : Susi Susanti (WS) dan Alan Budi Kusuma (MS)

Atlanta 1996                       : Ricky Subagja/Rexy Mainaky (MD)

Sydney 2000                       : Candra Wijaya/Tony Gunawan (MD)

Athena 2004                       : Taufiq Hidayat (MS)

Beijing 2008                        : Markis Kido/Hendra Setiawan (MD)

Rio de Jeniero 2016         : Tontowi Ahmad/Liliana Natsir (XD)

Tokyo 2020                         : Greysia Polii/Apriani Rahayu (WD)

 

 

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *