Scroll untuk baca artikel
KKN UNIRA

Rektor UNIRA Malang Lepas 164 Mahasiswa KKN-T

110
×

Rektor UNIRA Malang Lepas 164 Mahasiswa KKN-T

Sebarkan artikel ini

NUSANTARAKITA.ID –  Pada hari ini, Rabu 10 Juli 2024, Universitas Islam Raden Rahmat (UNIRA) Malang menggelar seremonial pemberangkatan KKN Tematik semester genap 2023-2024. Acara yang berlangsung dari pukul 07.00 hingga 10.00 WIB ini bertempat di halaman belakang UNIRA Malang.

Kegiatan ini mengusung tema “Prakarsa Khayra Ummah Menjawab Tantangan Desa ” dengan sub tema entrepreneurship dan community development, kemandirian pangan dan energi, budaya dan kearifan lokal, pengurangan risiko bencana dan perubahan iklim, serta halal life.

Dalam sambutannya, Kepala LPPM, Bapak Muhammad Imron, M.AP., menyampaikan pentingnya tema dan sub tema tersebut sebagai respons terhadap kebutuhan masyarakat dan tangan yang tengah dihadapi desa saat ini.

Baca Juga :   Mahasiswa UNIRA Malang Kunjungi Tambak Garam dan Udang Dusun Bajul Mati Kabupaten Malang

Ia juga menjelaskan bahwa sebanyak 164 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik akan diterjunkan dalam program KKN Tematik ini.

Para mahasiswa tersebut akan ditempatkan di 11 desa di Kabupaten Malang, yakni Desa Tawangsari Kecamatan Pujon, Desa Jatisari Kecamatan Tajinan, Desa Codo Kecamatan Wajak, Desa Srimulyo Kecamatan Dampit, Desa Sidodadi Kecamatan Gedangan, Desa Gajahrejo Kecamatan Gedangan, Desa Karangsuko Kecamatan Pagelaran, Desa Palaan Kecamatan Ngajum, Desa Ngasem Kecamatan Ngajum, Desa Balesari Kecamatan Ngajum, dan Desa Jambuwer Kecamatan Kromengan.

Rektor UNIRA Malang, H. Imron Rosyadi Hamid, M.Si., dalam sambutannya, menekankan pentingnya menjaga nama baik almamater di tengah masyarakat.

Baca Juga :   PERAYAAN 1 MUHARRAM DI MAKAM MBAH JAGO PATI DESA JATISARI, KECAMATAN TAJINAN KABUPATEN MALANG

Beliau juga mengingatkan para mahasiswa untuk selalu mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh selama di bangku kuliah guna memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan desa.

Selain itu, Rektor UNIRA Malang juga berpesan agar luaran KKN Tematik ini juga berupa karya ilmiah yang nantinya akan bermanfaat untuk banyak pihak.

Seremonial pemberangkatan ini ditandai dengan pelepasan 50 ekor burung merpati sebagai simbol harapan dan keberhasilan dalam pengabdian masyarakat.

Perwakilan mahasiswa KKN T, Hamzah mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan mengungkapkan bahwa ia dan teman-temannya sangat antusias dalam mengikuti penyelenggaraan KKN kali ini.

Kami ingin totalitas dalam melakukan pengabdian masyarakat sekaligus mengimplementasikan pengetahuan yang kami dapat dari kampus, ujarnya.

Baca Juga :   Mahasiswa KKN-T Universitas Islam Raden Rahmat Malang Menggelar Seminar Literasi Keuangan di desa Codo Wajak

Dengan semangat dan dedikasi yang tinggi, diharapkan para mahasiswa dapat menjadi agen perubahan yang mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat desa.

Program KKN Tematik ini juga diharapkan dapat membentuk karakter mahasiswa yang mandiri, kreatif, dan bertanggung jawab, serta mampu berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan.

Sebelum pemberangkatan, LPPM UNIRA memberikan pembekalan ke peserta KKN T berupa workshop Participatory Rural Appraisal, workshop Film Dokumenter Desa, dan workshop penulisan Artikel berita.

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari Nusantarakita.id. Mari bergabung di Saluran Whatsapp “Nusantarakita,id“, dengan cara klik  kemudian ikuti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *