Mengenang Jasa Leluhur, Warga Dusun Maduarjo Menggelar Tradisi Bersih Dusun

Mengenang Jasa Leluhur, Warga Dusun Maduarjo Menggelar Tradisi Bersih Dusun
Mengenang Jasa Leluhur, Warga Dusun Maduarjo Menggelar Tradisi Bersih Dusun

NUSANTARAKITA.ID – Sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada sang pencipta alam semesta, ratusan masyarakat Dusun Maduarjo Desa Babadan Kecamatan Ngajum menggelar tradisi bersih dusun pada hari rabu (13/07/2022).

Tradisi yang telah dilaksanakan secara turun temurun ini melibatkan seluruh kalangan masyarakat, mulai dari anak -anak, remaja, hingga orang tua pun ikut serta untuk memeriahkan acara tersebut.

Dengan memakai pakaian adat, masyarakat memulai kegiatan bersih dusun pada pukul 09.00 WIB. Kegiatan ini terdiri dari beberapa tahapan, diawali dengan tradisi arak – arakan gunungan hasil pertanian dan kirab budaya yang di iringi dengan sound system.

Diakhir acara arak – arakan gunungan, warga berkumpul di makam tokoh (sesepuh) setempat untuk menggelar do’a Bersama kepada tuhan yang maha esa agar dusunnya dijauhkan dari segala bencana.

Baca Juga : Prosesi Serah Terima Selesai, Kelompok 4 KKN-T Unira Malang Resmi Mengabdi Di Dusun Maduarjo

Menurut keterangan tokoh masyarakat dusun maduarjo, P.Sa’i dalam keterangannya mengatakan bahwa tradisi bersih dusun ini adalah untuk melestarikan budaya dan juga untuk mengenang jasa para leluhur.

“Jadi kami sebagai sesepuh dusun sini dengan harapan kami itu mengajak warga semuanya terutama teman – teman muda – mudi ini harus kita lakukan untuk mengenang jasa para leluhur sini, karena nanti setelah generasi yang tua – tua ini sudah tidak mampu siapa yang akan menjalankan tradisi ini, maka dari itu, tradisi ini harus kita lestarikan”. Kata P.Sa’i.

Menurut Agung, salah satu mahasiswa dari UNIRA Malang yang sedang melaksanakan KKN – Tematik di dusun Maduarjo, menurutnya tradisi bersih dusun ini sangat bagus.

“Bagus mas tradisi ini, jadi dengan adanya tradisi bersih dusun ini kami jadi tahu bagaimana adat atau kultur budayanya warga dusun maduarjo, bagaimana bentuk rasa cintanya warga masyarakat terhadap alamnya, terhadap kultur budayanya, dan juga hasil panennya. Kedepannya mudah – mudahan acara ini semakin rame dan dapat dikenal masyarakat luar daerah”. Ungkapnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Nusantarakita.id, Mari bergabung di Grup Telegram “Nusantarakita.id News Update”, caranya klik link https://t.me/nusantarakitaidnewsupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di smartphone anda.

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.