Peringati Hari Sumpah Pemuda, Ini Pesan Ketua Umum PMII Kab. Malang

  • Bagikan
Peringati Hari Sumpah Pemuda, Ini Pesan Ketua Umum PMII Kab. Malang

NUSANTARAKITA.ID – Masyarakat Indonesia khususnya para kaum muda pada tanggal 28 Oktober 2021 tentu akan memperingati 93 tahun sumpah pemuda untuk mengenang perjuangan yang diberikan kepada bangsa Indonesia untuk memcapai suatu kebebasan berbangsa dan bernegara.

Momen yang bersejarah pada bulan oktober 2021 ini ketua umum Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Malang Abukhori, mengungkapkan kepada media nusantarakita.id Bahwa masyarakat Indonesia harus mengigat tanggal dan hari dimana pada saat itu melahirkan sumpah pemuda dan semangat juang para pemuda yang menggelora.

”Memperingati hari Sumpah Pemuda merupakan yang sering kita jumpai setiap tanggal 28 Oktober dimana saat itu menjadi bulan dan hari yang sangat bersejarah karena selain melahirkan Sumpah Pemuda juga menjadi bersatunya pemuda nusantara dengan semangat juang yang sama”, ucap Abuhori ketika ditemui tim media nusantarakita.

Baca Juga : Gebyar Hari Santri Nasional 2021, UNIRA Malang Gelar Acara Beruntun

Tentunya sejarah panjang bersatunya bangsa ini khususnya para pemuda dimulai dari lahirnya komgres Pemuda I pada 1926 tersebut melahirkan organisasi kepemudaan PPPI yang memjadi wadah bagi kaum muda Indonesia untuk menuangkan ide dan pemikiran tentang kenegaraan, dan berselang dua tahun tepatnya 28 0ktober 1928 kembali digelar kongres pemuda II yang atusias dihadiri pemuda seluruh Indonesia dan juga di ikuti beberapa organisasi daerah yang ikut andil dalam kongres pemuda II tersebut.

Dan pada momentum tersebut para kaum muda dari selurus nusantra saling menuangkan pemikiran pada kesempatan yang sangat langka, mereka mempersatukan tekat semangat dan memandang jauh bangsa ini. Sehingga lahir Sumpah Pemuda sebagai bentuk persatuan untuk menggapai cita-cita kebebasan bangsa ini dari tangan pejajah yang telah merampas hak mereka.

Abu sapaan akrabnya menambahkan, pemuda hari ini harus tetap menjaga apa yang telah ditorehkan pemuda terdahulu khususnya para kader-kader PMII.

“kita memang harus selalu mengenang dan memperingati torehan sejarah yang sangat manis oleh pemuda terdahulu dan tentunya jangan sampai lupa adalah meneruskan perjuangan pemuda terdahulu, meski saat ini kita tidak ditegah penjajahan asing namum para pemuda seharusnya tetap menjaga apa yang sudah diwariskan oleh terdahulu,”tutur abuhori S.H

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *