Berita  

Puasa Sunnah Ayyamul Bidl Bulan Sya’ban Mulai Hari Ini Sampai Jum’at

Puasa Sunnah Ayyamul Bidl Bulan Sya’ban Mulai Hari Ini Sampai Jum’at

Puasa Sunnah Ayyamul Bidl Bulan Sya’ban Mulai Hari Ini Sampai Jum’at

NUSANTARAKITA.ID – Puasa Sunnah Ayyamul Bidl Bulan Sya’ban Mulai Hari Ini Sampai Jum’at, Ayyamul Bidl menurut bahasa berarti hari-hari yang cerah. Maksud sebenarnya adalah malam hari sebelumnya cerah tersinari oleh rembulan. Ayyamul bidl yaitu jatuh pada tanggal 13,14,dan 15 setiap dengan hitungan kalender hijriah. Misal setiap tanggal 13,14,dan 15 Syawal,Sya’ban dan seterusnya.

Hikmah puasa Ayyamul Bidl bahwa ketika malam tersebut sangat terang maka sangat pantas siangnya digunakan untuk beribadah. Maka disunahkanlah puasa Ayyamul Bidl. Sebagian ulama’ mengatakan  pada umumnya gerhana terjadi pada hari-hari tersebut, sementara Allah telah memerintahkan hambanya beribadah secara khusus saat terjadi gerhana, maka dari itu kemudian disunahkan berpuasa.

Hokum puasa Ayyamul bidl berdasarkan hadis-hadis Nabi saw, adalah sunnah Mu’akkad, hadis yang diriwayatkan dari Qatadah bin Milhan ra, ia berkata : Rasulullah saw telah memerintahkan kami untuk berpuasa pada hari-hari yang malamnya cerah, yaitu tanggal 13,14, dan 15.(HR Abu Dawud).

Baca Juga : Pendaftaran kartu prakerja gelombang 24 kembali dibuka, begini syaratnya

Khusus bulan Dzulhijjah puiasa Ayyamul  Bidl dilakukan pada tanggal 14,15 dan 16. Karna yang mana tanggal 13 termasuk hari Tsyrikl yang haram digunakan untuk berpuasa.(fathul Mu’in, Juz II).adapun tata cara puasa Ayyamul Bidl sama dengan puasa yang lain yang membedakan hanya Niatnya saja. Niatnya secara khusus yaitu “Nawaitu Shauma ayyamul bidl lillaahi Ta’ala.

Adapun dibulan Sya’ban ini puasa Ayyamul Bidl insyaallah jatuh pada hari dan tanggal : rabu,16 Maret 2022 M/13 Sya’ban 1443 H, Kamis, 17 Maret 2022 M/14 Sya’ban 1443 H, Jum’at 18 Maret 2022 M/15 Sya’ban 1443 H. Jika anda tidak bias melaksanakanya, maka jangan kehilangan pahala untuk mengingatkan keluarga,kerabat,sahabat,teman dan tetangga,Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.