Status gunung semeru naik ke level siaga, begini kata badan geologi

  • Bagikan
Status gunung semeru naik ke level siaga, begini kata badan geologi

NUSANTARAKITA.ID – Setelah terjadi luncuran awan panas pada hari kamis (16/12/2021) status gunung semeru kini naik dari level waspada menjadi level siaga.

Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono menyampaikan bahwa status gunung semeru saat ini naik dari level 2 waspada menjadi Level 3 siaga.

‘’Tingkat aktivitas Gunung semeru dinaikkan dari Waspada level 2 menjadi Siaga Level 3 terhitung mulai 16 Desember 2021 pukul 23.00 WIB” kata eko

Eko menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di sekitar lereng gunung semeru sepanjang 5 kilometer dari puncak gunung semeru.

Baca Juga : Polda Metro Jaya tetapkan Josepth Suryadi sebagai tersangka penistaan agama

‘’selain itu, masyarkat juga tidak boleh memasuki dan tidak boleh beraktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah atau puncak gunung semeru, karena rawan terhadap bahaya lontaran batu’’, ungkap eko

Eko mengatakan bahwa gunung semeru masih berpotensi untuk mengeluarkan guguran awan panas, hal ini bisa terjadi karena disebabkan oleh endapan aliran lava sepanjang dua kilometer dari pusat erupsi yang masih belum stabil, sehingga bias menyebabkan awan panas berguguran.

‘’ selain berpotensi terjadi awan panas, potensi terjadi aliran lahar juga masih tinggi memgingat curah hujan yang masih tinggi di gunung semeru” Terang eko

Gunung semeru pada hari kamis 16/12/2021 kembali telah meluncurkan awan panas sebanyak tiga kali yakni pada pukul 09:01 sejauh 4,5 kilometer, pukul  09:30 dan sore hari pada pukul 15;42 sejauh 4,5 kilometer.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *