Rinding Allo - Rongkong

Departure Date

Daily

Duration

4 days

Views

236

Maximum Seats

10

Rinding Allo secara singkat

Tersembunyi di balik pegunungan di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, Rinding Allo memiliki temperature yang sejuk, masyarakat yang ramah dan alam yang indah. Atmosfir itu dikuatkan oleh Sumpah Adat Rongkong di mana ‘tidak boleh ada perjudian, tidak boleh ada pencurian, tidak boleh perkelahian dan tidak boleh ada perzinahan.”

Tidak ada sinyal telekomunikasi di Rinding Allo, menjadikannya lokasi liburan yang cocok untuk Anda yang ingin betul-betul melepaskan diri dari kepenatan kota. Waktu terasa berhenti. Hanya ada hamparan sawah, kabut yang datang dan pergi, hutan alami dan suasana yang damai. Sungguh seperti di surga.

 

Harga :

  • Minimum 2-3 orang : Rp 3,250,000 per orang
  • 4-6 orang : Rp 2,500,000 per orang
  • 7-10 orang : Rp 2,000,000 per orang

Tidak termasuk biaya :

  • Tiket penerbangan
  • Asuransi
  • Pengeluaran pribadi
icon-car.pngKML-LogoFullscreen-LogoQR-code-logoGeoJSON-LogoGeoRSS-Logo
Rinding Allo - Rongkong

loading map - please wait...

Rinding Allo - Rongkong -2.476645, 119.881096

Program / Itinerary

Sarapan, Makan Siang & Malam
Akomodasi - homestay penduduk
Transportasi Darat - masamba-rinding allo pp & sekitar rinding allo
Tiket Lokasi Wisata
Guide profesional

Program / Itinerary

Hari Pertama

Masamba - Kawalean

Ini akan menjadi awal perjalanan penuh petualangan di Tanah Rongkong. Dengan sepeda motor Anda akan menempuh 3 jam perjalanan dari Masamba (Luwu Utara) melalui jalan mulus aspal di separuh pertama rute, kemudian jalan tanah berbatu di separuh terakhir. Sepanjang jalan menyusuri Sungai Rongkong dan desa-desa tradisional. Perhentian pertama di Kanandede, di mana terdapat Patung Pejuang Rongkong di atas bukit. Perhentian berikutnya di Minanga yang dikenal sebagai salah satu spot terindah hamparan sawah perbukitan. Akhirnya tiba di Rinding Allo dan Anda akan disambut oleh Kelompok Pengelola Wisata Adat yang akan bercerita tentang Rongkong dan Rinding Allo. 3 jam perjalanan / Makan Siang / Makan Malam / Bermalam di homestay
Hari Kedua

Kawalean - Manganan

Bangun subuh untuk mengejar matahari terbit di Bukit Tabuan. Hanya 30 menit trekking mendaki, namun persiapkan diri dan pelengkapan Anda karena jalur cukup terjal. Kembali ke homestay untuk sarapan, dan bersiap untuk atraksi berikutnya. Matekek. Orang Rongkong punya tradisi ratusan tahun membawa barang-barang sembako ke punggung kuda dan berjalan puluhan hingga ratusan kilometer untuk melakukan barter dengan wilayah tetangga. Meski sudah ada sepeda motor, tradisi Matekek tetap terjaga. Anda bisa merasakan itu, cukup dengan perjalanan 1 jam ke Dusun Manganan, sambil mendengarkan cerita soal Matekek. Di Dusun Manganan kita akan menjelajahi area persawahan yang sangat luas bagaikan tak berujung. Juga ada bebatuan vulkanis yang tersebar di tengah sawah. Terlalu banyak spot fotografi yang tidak bisa dilewatkan. Di pondok kecil di tengah sawah, warga akan mengajari Anda membuat Lombu, alat music tiup terbuat dari daun pandan. Tentu saja hasil Lombu buatan Anda bisa dibawa pulang. Sarapan / Makan Siang / Makan Malam / Bermalam di homestay
Hari Ketiga

Manganan - Salurante

Setelah sarapan kita bergeser ke Dusun Salurante, berjalan kaki sekitar 30 menit sambil menikmati pemandangan Dusun Manganan di bawah jurang. Sementara tim lokal akan membawa barang bawaan. Dusun Salurante adalah pusat produksi kain tenun Rongkong yang terancam punah. Tinggal sedikit saja yang memahami detil motif dan pembuatannya. Tenun Rongkong memakai 100% pewarna alam. Sebuah karya seni yang hebat dari para perempuan Rongkong. Tidak jauh dari Salurante, berjalan 15 menit menyusuri sawah dan menurun ke Sungai Rasasisi terdapat turbin mikrohidro. Ya, aliran listrik Desa Rinding Allo berasal dari energy terbarukan, air sungai. Berjalan lebih jauh lagi ke dalam hutan kita akan menemukan air terjun 3 tingkat. Siapkan fisikmu jika ingin menjajalnya. 4-5 jam jungle trekking / Sarapan / Makan Siang / Makan Malam / Bermalam di homestay
Hari Keempat

Salurante - Masamba

Setelah sarapan kembali ke Makassar dengan 8 jam perjalanan melaui rute yang sama. Tim akan mengantar hingga ke Bandara Hasanuddin. Tur selesai. Rute Alternatif: Berangkat lebih awal ke Palopo untuk penerbangan ke Makassar pukul 10.55. Tur selesai.

Dengan membeli tur ini, Anda ikut mendukung pelestarian adat-budaya dan alam di Rinding Allo, serta peningkatan kemandirian ekonomi masyarakat. Juga pemberdayaan kaum perempuan lewat produk kain tenun Rongkong.

Program tur ini hanya mencakup area Desa Rinding Allo, Luwu Utara. Desa ini berjarak sekitar 5 jam perjalan dari Toraja, kami siap membantu menggabungkan tur untuk mengunjungi kedua komunitas adat yang masih serumpun ini.

Informasi lebih lanjut
0813 1111 6561 – Joni (wa/sms/telpon)
nusantarakita.tour@gmail.com

respect the people, protect the nature

Book Tour

Tour Name Price Per Adult Price Per Child Available Seats Departure Date Duration
Rinding Allo - Rongkong $ 2,000,000 $ 0 10 Anytime 4 days

Booking Information

Name Price ( Adults/Children ) Persons ( Adults/Children ) Quantity Total

SUMMARY

Subtotal $ 0
Total $ 0

Customer Information

*
First Name is required.
*
Last Name is required.
*
Number Phone is required.
*
Address is required.
Thank You. Your booking have received and booking number is

You Will Also Like