Scroll untuk baca artikel
Uncategorized

Program Fakultas Semarak Mengabdi UNIRA Malang adakan sosialisasi pentingnya pemanfaatan teknologi informasi di bidang pendidikan

88
×

Program Fakultas Semarak Mengabdi UNIRA Malang adakan sosialisasi pentingnya pemanfaatan teknologi informasi di bidang pendidikan

Sebarkan artikel ini

NUSANTARAKITA.ID – Kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan pada hari minggu tanggal 04/02/2024 yang berlokasi di sdn 03 kepatihan, dilaksanakan dengan mengadakan sosialisasi dengan tema “Pentingnya Pendidikan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi di Bidang Pendidikan.

Kegiatan sosialisasi ini melibatkan dosen dari Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang diketuai oleh ibu Amalia Agung Septarina, S.S.T., M.Tr.T juga selaku narasumber dalam kegiatan ini dan dibantu oleh dua dosen lainnya yaitu ibu Anisa Hudi Widaningrum, M.Kom dan Ibu Novia Ratnasari, S.Pd., M.Pd sebagai pendamping.

Peserta yang mengikuti sosialisasi yaitu wali murid sd kelas 1 sampai 6, para Ibu guru dan Bapak Kepala Dusun Lebaksari serta didampingi oleh mahasiswa KKN-T13 yang sedang bertugas KKN di desa tersebut.

Baca Juga :   Pemerintah Umumkan Awal Ramadhan 2024

Kegiatan sosialisasi ini berfokus pada pemaparan tentang pentingnya pendidikan tinggi untuk para warga karena berdasarkan observasi desa, tingkat minat pendidikan tinggi warga masih sangat rendah. Bapak kepala dusun mengatakan bahwa “warga sekitar yang menempuh pendidikan sampai sarjana bisa dihitung dengan jari. Jadi saya sangat berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat membuka pikiran para warga tentang pentingnya pendidikan”.

Bapak kepala dusun berharap bahwa adanya kegiatan KKN yang secara kontinu dilakukan di desa Kepatihan oleh mahasiswa KKN Unira. Karena desa kepatihan merupakan salah satu desa yang masih tergolong desa terpencil jadi masih tergolong minim informasi tentang teknologi.

Selama acara para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena saling berinteraksi antara panitia pengabdian kepada masyarakat dan peserta dimana terdapat 4 peserta yang bertanya pada sesi tanya jawab.

Baca Juga :   Prediksi Perolehan Kursi Partai DPRD Kabupaten Malang Pada Pemilu 2024

Salah satu peserta bertanya mengenai bagaimana cara mendapatkan akses ke perguruan tinggi dengan jalur beasiswa, khususnya di UNIRA. Para orang tua wali murid beranggapan bahwa untuk dapat mengenyam pendidikan di perguruan tinggi itu mahal, sehingga membutuhkan biaya yang besar, oleh karena itu banyak yang tidak meneruskan pendidikan sampai ke jenjang pendidikan tinggi.

Kegiatan sosialisasi berlangsung dengan baik dan lancar kemudian diakhiri dengan pemberian doorprize kepada para peserta yang telah bertanya pada sesi tanya jawab.

Hasil dari sosialisasi ini diharapkan dapat mendorong motivasi masyarakat, khususnya wali murid agar dapat mempertimbangkan pendidikan anak-anaknya sampai ke jenjang pendidikan tinggi untuk mempersiapkan generasi muda yang dapat memberikan kontribusi besar kepada bangsa di era perkembangan zaman dengan memanfaatkan teknologi informasi di bidang pendidikan untuk memaksimalkan proses belajar mereka.

Baca Juga :   Tutorial Aplikasi NusantaraKita

Hal-hal yang menarik dari sosialisasi yaitu di era teknologi informasi yang dapat memberikan informasi dengan sangat mudah dan cepat, ternyata masyarakat Desa Kepatihan masih minim informasi tentang bagaimana cara masuk ke perguruan tinggi, khususnya dengan jalur beasiswa.

Tim dosen berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut sebagai wujud kolaborasi nyata atas kontribusi Universitas Islam Raden Rahmat Malang kepada Indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Malang.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *