Warga Dusun Balesari menggelar tradisi bersih dusun dengan Pertunjukan Wayang Kulit

Warga Dusun Balesari menggelar tradisi bersih dusun dengan Pertunjukan Wayang Kulit
Warga Dusun Balesari menggelar tradisi bersih dusun dengan Pertunjukan Wayang Kulit

NUSANTARAKITA.ID – Dusun Balesari mengadakan acara Bersih Dusun yang dimeriahkan dengan penampilan Wayang Kulit. Acara yang ditempatkan di rumah Ketua Dusun Balesari tersebut dimulai sekitar pukul 12.30 WIB hingga pukul 03.00 WIB, (Minggu, 17/7/2022).

“Wayang Kulit sendiri selain sebagai pemeriah acara Bersih Dusun juga sebagai bentuk mempertahankan tradisi yang dahulu. Tidak peduli mahal atau murah, yang penting harus Wayang Kulit”. ungkap Pak Bathin sebagai Kepala Dusun.

Baca Juga : Dukung Program Bedah Rumah, Mahasiswa KKN-T Unira Malang Adakan Program Open Donasi

Bersih Dusun sendiri sudah menjadi acara tahunan Dusun Balesari yang diperingati setiap bulan besar dan harus pada Minggu Wage Senin Kliwon. Pak Bathin juga mengungkapkkan ucapan banyak terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu mensukseskan acara Bersih Dusun, termasuk Mahasiswa KKN-T Unira Kelompok 3.

Dalam acara Bersih Dusun Diawali dengan penampilan campursari, acara tersebut dilanjutkan dengan pemberian tokoh wayang yang diberikan oleh Ibu Nanik, Kepala Desa Balesari kepada Kepala Dusun Balesari yang kemudian diserahkan kepada Ki Dalang Agus Guno Wicoro. Dalam penyerahan tokoh wayang tersebut, Bu Nanik berharap semoga Dusun Balesari menjadi lebih baik dari sebelumnya juga selalu diberkahi kesuburan dan melimpahnya rezeki.

Dua hari sebelumnya masyarakat yang juga dibantu oleh Mahasiswa KKN-T Unira Kelompok 3 sudah mempersiapkan segala keperluan demi berlangsungnya acara tersebut. Mulai dari melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan dusun dan juga melakukan kegiatan Istighosah, Khataman, serta Diba’an yang digelar pada Sabtu,16 Juli 2022. Berbeda dengan hari jadi dusun, acara bersih dusun ini dilakukan sebagai bentuk menunjukkan rasa syukur masyarakat Dusun Balesari kepada Allah atau bisa juga disebut dengan acara Sedekah Bumi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Nusantarakita.id, Mari bergabung di Grup Telegram “Nusantarakita.id News Update”, caranya klik link https://t.me/nusantarakitaidnewsupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di smartphone anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.